Gambaran Umum JISC

Tentang JISC 2020

Gambaran Umum JISC 2020

Tentang JISC

Jogja International Scout Camp 2020 yang kemudian disebut JISC 2020 adalah kegiatan perkemahan pramuka penegak dan pandega tingkat international pertama yang diadakan di Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di Bumi Perkemahan Rama Shinta sebagai lokasi utama dan lima desa budaya dan wisata yang berlokasi di empat kabupaten (Kulon Progo, Gunungkidul, Bantul, Sleman) dan Kota Yogyakarta sebagai sub lokasi

Ini adalah perkemahan pramuka internasional yang akan diikuti oleh 2.832 penegak dan pandega bersama 380 pembina, termasuk kurang lebih 20 negara di dunia.

JISC 2020 diharapkan akan membawa semangat baru peradaban berdasarkan prinsip luru ilmu (mengejar pengetahuan) dan liru kawruh (berbagi pengetahuan) melalui pendekatan budaya di Yogyakarta.

About JISC
Delegasi

Peserta JISC

Peserta JISC 2020 terdiri dari :

  1. Kontingen Cabang di Kwarda DIY.

    Kontingen Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta terdiri dari 30 (tiga puluh) umpi penegak/pandega putra dan 30 umpi penegak/pandega putri, dengan masing-masing umpi yang terdiri dari 8 (delapan) anggota. Semuanya didampingi oleh 12 pemimpin kontingen (putra & putri), 12 pembina pendamping (putra & putri), dan 12 tim pendukung (putra & putri)

    Masing-masing kwartir cabang mengirimkan 6 (enam) umpi pramuka penegak/pandega putra dan 6 (enam) umpi pramuka penegak/pandega putri, yang masing-masing umpi terdiri dari 8 (delapan) anggota.

  2. Kontingen Kwartir Daerah Gerakan Pramuka di Indonesia

    Masing-masing Kwartir Daerah Gerakan Pramuka mengirimkan 4 umpi putra dan 4 umpi putri, dipimpin oleh 2 pimpinan kontingen (putra dan putri), 4 pembina pendamping (putra dan putri), dan 4 tim pendukung (putra dan putri), dan masing-masing umpi terdiri dari 8 anggota.

  3. Kontingen Internasional

    Setiap National Scout Organization (NSO) mengirimkan 1 umpi penegak/pandega putra dan 1 umpi penegak/pandega putri dengan masing-masing umpi maksimal terdiri dari 6 anggota

    (NSO dari setiap negara atau sister didampingi oleh pembina atau sister city dan akan memberikan prioritas kepada sister cities/sister provinces)

JISC Participants
Logo JISC 2020

Makna Logo

  1. Gunungan berwarna hijau muda melambangkan salah satu unsur kebudayaan Jawa di Daerah Istimewa Yogyakarta menunjukkan kegiatan yang bernuansa budaya.
  2. Candi Prambanan berwarna hijau tua melambangkan ikon wisata dan budaya Daerah Istimewa Yogyakarta, sekaligus warisan budaya dunia yang diakui UNESCO.
  3. Kelopak bunga lili berwarna biru yang dipadukan dengan merah putih melambangkan persahabatan Pramuka mancanegara dengan Pramuka Indonesia melalui JISC 2020
  4. Tenda berwarna putih melambangkan perkemahan JISC dengan mengamalkan Tri Satya.
  5. Lambang WOSM dan Tunas Kelapa melambangkan kegiatan kepanduan
  6. Dalam tulisan “jisc 2020”, huruf kecil melambangkan nilai-nilai egaliter, kesederajatan dan persaudaraan, angka 2020 melambangkan tahun penyelenggaraan.
Meanings of The Logo
Maskot JISC 2020

Rama dan Shinta

  1. Dua sosok tokoh wayang yang mengenakan batik kawung melambangkan semangat melestarikan budaya.
  2. Seragam pramuka melambangkan Pramuka Penegak dan Pandega Putra dan Putri sebagai peserta JISC 2020
  3. Arah pandangan melambangkan tatapan visi dan cita-cita ke depan yang hendak dicapai Pramuka Penengak dan Pandega sebagai generasi penerus bangsa
  4. Sebutan Kak Rama dan Kak Shinta sebagai tokoh pewayangan dalam kisah Ramayana melambangkan keramahtamahan dan watak ksatria.
  5. Panah Brahmastra adalah panah sakti andalan Rama untuk membela kebenaran
Rama and Shinta
Jingle JISC 2020

Lagu JISC

Jingle JISC telah dibuat berdasarkan tema. Pesan utama dari jingle adalah bahwa perkemahan pramuka internasional berkontribusi untuk membangun perdamaian dan harmoni dunia dengan persahabatan yang tulus, belajar mandiri, menghargai perbedaan, dan semangat pramuka untuk menjadi petualang dan berbudi luhur. Berikut ini adalah lirik Jingle JISC :

Peace and Harmony are our destiny
Learning other's cultures is a necessity

True Friendship grows with our togetherness
Only with sincerity comes our happiness

REFF:
Let's come to camp together (let's come together)
Let's learn from one another (learning together)

Build our future with our hands,
reach our destiny through scout camp

Scout camp for peace, being scouts we're born
Listen to diversity come join the adventure

With a clean heart a clean head for sure
From Jogja to Indonesia and beyond

___

Unduh Notasi Jingle JISC di sini.

Song of JISC