Program

Program JISC 2020

Program JISC

Gambaran Umum Program

Kegiatan yang dikembangkan dalam Jogja International Scout Camp 2020 dititikberatkan pada luru ilmu (mengejar pengetahuan) dan liru kawruh (berbagi pengetahuan) melalui pendekatan budaya. Program ini diimplementasikan dalam berbagai jenis kegiatan yang memungkinkan peserta mengalami, belajar, dan mendalami berbagai budaya, adat istiadat, dan tradisi. Kegiatan dikelompokkan ke dalam beberapa kategori sesuai dengan jenis kegiatan, sehingga peserta dapat memperoleh berbagai pengalaman.

Overview The Programs
Program JISC

Kegiatan Perkemahan

Terdapat 9 tipe kegiatan dalam Jogja International Scout Camp 2020.

Kegiatan Umum, Olahraga Tradisional, Permainan Tradisional, Kerajinan Tradisional, Kuliner Tradisional, Penampilan Seni Tradisional, Bakti Sosial dan Kearifan Lokal, Kegiatan Wisata, dan Pertemuan Pimpinan/Anggota Dewasa

The Camp Activities
  1. Upacara Pembukaan
  2. Doa/Sembahyang
  3. Apel
  4. Olahraga
  5. Anjangsana
  6. Malam Sugeng Rawuh
  7. Permainan Persaudaraan
  8. Malam Wirajaya
  9. Upacara Penutupan
  1. Gobak Sodor
    Gobak Sodor merupakan salah satu olahraga tradisional di Indonesia, terutama di Jawa. Pada olahraga ini, pemain akan dibagi menjadi 2 tim, setiap tim berisi 3-5 orang. Satu tim merupakan tim bertahan dan lainnya merupakan tim penyerang. Tim bertahan memiliki tugas untuk menjaga tim penyerang supaya tidak dapat melewati garis finish, sedangkan tim penyerang memiliki tugas untuk melewati garis finish dan kembali ke garis start. Olahraga ini melatih kerjasama tim, strategi, konsentrasi, kecepatan, dan ketangkasan.
  2. Jemparingan
    Jemparingan merupakan tradisi panahan tradisional yang telah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Pada zaman dahulu, tradisi ini dimainkan oleh bangsawan dan keluarganya. Tetapi tradisi ini mulai dimainkan oleh rakyat biasa untuk hiburan dan melestarikan budaya. Serupa dengan panahan, Jemparingan juga memiliki seperangkat alat, yakni bandul (target), jemparing (panah), dan gendewo (busur).
  3. Bakiak
    Bakiak merupakan salah satu olahraga tradisional dari Jawa. Bakiak terbuat dari kayu panjang yang telah dibentuk (seperti seluncur es) dan diberi karet diatasnya, biasanya untuk 3-5 orang. Olahraga ini melatih kerjasama tim, konsentrasi, ketangkasan, kepemimpinan, dan kreativitas.
  4. Egrang
    Egrang merupakan olahraga traditional dari Jawa. Bahan dari egrang yakni bambu dengan panjang 1,5-2 meter serta memiliki pijakan. Olahraga ini memerlukan kesimbangan tubuh.
  5. Pencak Silat
    Pencak silat adalah seni bela diri asli Indonesia, salah satunya yakni dari Pulau Jawa. Ada ratusan gaya (aliran) yang berbeda dan teknik karena keberagaman di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa. Serupa dengan seni bela diri di daerah Asia, sumber inspirasi teknik dan gaya dikaitkan dengan perilaku, tindakan, dan karakter hewan. Praktisi mengadopsi gerakan dan posisi harimau, elang, ular, buaya, monyet, kalajengking, naga, dll. Silat dapat melatih konsentrasi, ketangkasan, dan kreativitas.
  1. Engklek
  2. Gambaran
  3. Benthik
  4. Ancak-ancak alis
  5. Nglarak Blarak
  1. Pembuatan Batik
  2. Tatah sungging
  3. Topeng Kayu
  4. Anyaman Bambu
  5. Kerajinan Perak
  6. Kerajinan dari Kelapa

Kegiatan kuliner berisi berbagai aktivitas yang merujuk pada pengenalan pembuatan masakan, jajanan, dan minuman khas di kabupaten dan kota se-Daerah Istimewa Yogyakarta

  1. Makanan : Kipo, Gebleg, Gatot Thiwul, Jadah tempe/wajik, Geplak,
  2. Masakan : Nasi Gudeg, Nasi Beras Merah, Nasi Gudangan, Nasi Berkat Ingkung, Nasi Gurih
  3. Minuman : Wedang Uwuh; Wedang Ronde; Wedang Secang; Wedang Sere ; Wedang Jahe
  4. Jamu : Beras Kencur, Kunir Asem, Uyub-Uyub, Pahitan, Sinom

Kegiatan yang berisi berbagai aktivitas yang merujuk pada pengenalan kesenian daerah di DIY dan perutusan kontingen masing-masing peserta.

  1. Pameran dan Expo Budaya
  2. Pentas Seni dan Budaya
  3. Karnaval Budaya
  4. Sendratari Ramayana
  5. Karawitan
  6. Angguk
  7. Seni Badui
  8. Gejog Lesung
  9. Seni Peran Ketoprak/Wayang Wong

Kegiatan bakti dan kearifan lokal berisi berbagai aktivitas yang merujuk pada kegiatan warga yang berbasis kearifan lokal di kabupaten dan kota se-Daerah Istimewa Yogyakarta.

  1. Gotong Royong
  2. Merti Dusun
  3. Adat Rasulan
  4. Upacara Wiwit/Angler
  5. Merti kali

Kegiatan wisata alam, budaya, dan pendidikan berisi berbagai aktivitas wisata alam, budaya, dan pendidikan di kabupaten dan kota se-Daerah Istimewa Yogyakarta.

  1. Candi Prambanan
  2. Keraton Yogyakarta
  3. Benteng Vrederburg
  4. Malioboro
  5. Gunung Api Purba Nglanggeran
  6. Museum Merapi dan sekitarnya
  7. Kotagede
  8. Situs Mataram
  9. Waduk Sermo
  1. Pertemuan Pimpinan Kontingen Daerah
  2. Welcome Dinner
  3. Pawiyatan Budaya (UU Keistimewaan)
  4. Sarasehan Budaya tentang Pendidikan Karakter Berbasis Budaya